Pesan Toleransi dalam Perayaan Natal Katolik Mabuan

Print Friendly and PDF


BUNTOK – Dihadiri oleh ratusan warga Desa Mabuan dari berbagai kepercayaan, perayaan Natal Umat Katolik Roh Kudus Stasi Mabuan, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, sampaikan pesan toleransi antar umat beragama.

Dipimpin oleh Pastor pembantu Paroki Santo Paulus Buntok, Pastor Daniel MSF, perayaan Natal Umat Katolik Roh Kudus Stasi Mabuan, Kamis (28/12/2017), berlangsung meriah dalam suasana keberagaman.

Dalam khotbahnya, Pastor Daniel MSF, menyampaikan rasa bangga dengan apa yang ia alami di Desa Mabuan. Sebabnya dengan suasana banyaknya terdengar suara – suara intoleransi antar umat beragama, yang muncul di berbagai pemberitaan media massa dan media sosial saat ini.

Di Desa Mabuan, malah sebaliknya yang terjadi, berbagai kalangan dari berbagai kepercayaan, saling menghargai dan menghormati terhadap kepercayaan yang lainnya.

‘’Saya bangga dan juga sekaligus terharu, melihat di perayaan Natal hari ini, bukan hanya umat Katolik yang hadir di Gereja ini, namun juga dari berbagai kalangan dan kepercayaan hadir dan mendukung jalannya misa Natal,’’ tukas Daniel.

Ini merupakan bukti, bahwa perbedaan kepercayaan di Desa Mabuan, bukanlah penghalang untuk sesama manusia untuk saling menghargai dan menghormati satu dengan yang lain.

‘’Bentuk support seperti ini yang kita perlukan, untuk membangun manusia yang beradab di tengah kemajemukan.  Saya berharap, ini bisa menjadi contoh dan teladan bagi tempat lainnya,’’ pesan Daniel berharap.

Dalam perayaan Natal tersebut, Ketua Panitia perayaan, Gelar Lelo, berterima kasih kepada seluruh masyarakat dan pemerintah desa Mabuan. Sebab dengan dukungan semua pihak, Natal yang dilaksanakan siang hari tersebut, bias berjalan lancar dan aman.

‘’Terima kasih kami sampaikan, kepada Pemerintah Desa Mabuan dan seluruh warga desa, sebab dengan bantuan dana dan dukungan moral dari semuanya, maka perayaan Natal Katolik hari ini, bisa terlaksana sesuai rencana,’’ ucap Lelo.[tampetu]


TAG