PDAM Perluas Layanan Pelanggan, Ratusan Warga Basungkai Ajukan Pemasangan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Masyarakat Desa Basungkai Kecamatan Basarang, Kabupaten Kapuas secara kolektif mengajukan permohonan pemasangan jaringan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kapuas.

"Untuk layanan air bersih kita memilih layanan PDAM, sudah kita ajukan untuk pemasangan di 2018 nanti," ungkap Endang Sugianto, Kades Basungkai beberapa waktu lalu.

Menurutnya sudah sekitar 100 warga yang akan memanfaatkan pemasangan murah dari PDAM. Untuk kebutuhan air, selama ini sebagian warga hanya mengandalkan dari sungai dan sumur bor. Jika nantinya layanan sambungan air PDAM terealisasi, warga bisa menikmati layanan air bersih, seperti halnya masyarakat diperkotaan.

Di tempat terpisah, Direktur PDAM Kapuas, Widodo SE membenarkan akan melakukan perluasan layanan sambungan.

"Akan dilakukan pemasangan baru jalur pipa pada 2018," kata Widodo SE, Selasa (26/12/2017) saat ditemui KabarKaltenh di kediamannya.

Menurutnya, dari program hibah Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang diterima PDAM Kapuas, dialokasikan sekitar 1000 bagi pelanggan baru.

Untuk Kecamatan Basarang sendiri, lanjutnya, tercatat sudah ada sekitar 300-an pelanggan PDAM. Bukan hanya warga Basungkai, tetapi kepada masyarakat Basarang umumnya juga diharapkan bisa menjadi pelanggan PDAM mamanfaatkan program MBR dengan tarif pemasangan yang relatif sangat murah untuk memuhi kebutuhan air bersih.[zulkifli]


TAG