KPU Kapuas Masih Lakukan Virtual Parpol Baru

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Saat ini Komisi Pemilihan Umum (Kapuas) masih melaksanakan verifikasi faktual (virtual) kepada Partai Politik (Parpol) baru yang lolos pada tahap satu. Parpol yang divirtual adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Perindo.

Sebelumnya dilakukan virtual di Kabupaten yang mana virtual meliputi kelayakan kantor atau kesekretariatan Parpol, susunan kepengurusan di mana saat dilakukan virtual Ketua, Sekretaris,  Bendaraha (KSB) itu wajib ada di tempat.

Selain itu, juga terkait virtual untuk kabupaten juga 30 persen keterwakilan perempuan di dalam strukrur Parpol.

"Saat ini virtual ke tingkat kecamatan sedang berlangsung hingga 4 Januari 2018," kata Budi Prayitno Komisioner KPU Kapuas, Divisi Hukum, Kamis (28/12/2017) saat ditemui KabarKalteng di ruang kerjanya.

Sedangan di tingkat kecamatan, menurutnya yang dilakukan virtual keanggotaan saja, di mana sebarannya harus memenuhi 50 persen wilayah untuk se-Kabupaten.

E-KTP asli atau Suket yang dikeluarkan Disdukcapil dan Kartu Tanda Anggota (KTA) yang asli, lanjutnya, itu merupakan hal mutlak harus dipenuhi dalam virtual keanggotaan Parpol tersebut.

"Kewenangan KPU Kabupaten sebatas melakukan verifikasi faktual apakah memenuhi syarat atau tidak," terang Budi.

Untuk menentukan lolos atau tidak itu merupakan kewenangan KPU Pusat. Sedangkan dasar virtual sendiri adalah Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, sebagai acuannya.[zulkifli]


TAG