KPU Gelar Rapat Koordinasi Teknis Pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Pulpis

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar rapat koordinasi teknis pencalonan Bupati dan Wakil Bupati Pulang Pisau yang diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pulang Pisau serentak 2018 mendatang. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Bappedalitbang Komplek Perkantoran Pulang Pisau, Jumat (29/12/2017).

Ketua KPU Pulang Pisau, H Untung Surapati mengatakan, penetapan paling sedikit jumlah kursi dan perolehan suara sah untuk syarat pencalonan yang diajukan partai politik atau gabungan partai politik berdasarkan hasil Pemilu Anggota DPRD Kabupaten Pulang Pisau tahun 2014.

Dengan ketentuan memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi, yakni 5 kursi atau memenuhi paling sedikit 17.565 suara sah 25 persen dari 70.257 suara sah dalam pemilu DPRD Kabupaten Pulang Pisau tahun 2014.

"Kententuan ini hanya berlaku bagi partai politik yang memperoleh kursi di DPRD Pulang Pisau," ujarnya.

Menurutnya, pendaftaran calon melalui parpol dan parpol gabungan akan dibuka mulai 8 hingga 10 Januari 2018 mendatang. Pada 8 hingga 9 Januari, KPU menerima berkas pendaftaran hingga pukul 16.00 WIB.

Sementara untuk 10 Januari atau hari terakhir pendaftaran, akan dibuka pendaftaran hingga pukul 24.00 WIB. "Khusus hari terakhir pendaftaran, KPU akan buka hingga pukul 24.00 Wib," imbuh H Untung.

Tahapan selanjutnya KPU akan melaksanakan tes kesehatan kepada calon bupati dan wakil bupati. Tes Kesehatan ini akan dilaksanaan 11 Januari 2018. Oleh karena standar tes kesehatan harus di Rumah Sakit tipe B, maka pelaksanaan tes kesehatan akan dilaksanakan di RSUD Doris Silvanus Palangka Raya.

"Sebenarnya kalau di Pulang Pisau untuk dokternya sudah lengkap, tetapi karena standar RS harus Type B, maka akan kita laksanakan di RS Doris Silvanus Palangka Raya," katanya.[manan]


TAG