Kenapa Ya Musim Penghujan SDN 4 Pulpis Sering Banjir?

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Memasuki musim penghujan seperti pada tahun-tahun sebelumnnya, halaman Sekolah Dasar Negeri (SDN) 4 Pulang Pisau, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) sering mengalami banjir akibat tergenang air hujan.

Diduga kuat, genangan air pada halaman sekolah tersebut diakibatkan tidak adanya saluran air (drainase).

Kepala Sekolah SDN 4 Pulang Pisau, Siti Nawiyah saat dikonfirmasi kabarkalteng, Jumat (8/12/2027) di ruang kerjanya mengatakan, genangan air yang  terjadi di SDN ini memang sudah lama, terjadi sekitar tahun 2013 lalu. Apabila musim penghujan tiba, maka dipastikan halaman sekolah akan terendam akibat genangan air hujan.

“Setiap memasuki penghujan, halaman sekolah kami ini sering terendam air seperti yang terjadi tadi pagi. Meski tak sampai masuk ke dalam ruangan, namun keadaan  mengganggu anak-anak kita dalam beraktivitas karena genangan air mencapai sekitar 15 sentimeter,” katanya.

Akibat genangan air tersebut siswa dan guru harus melepas sepatu, karena titik terdalam air tepat berada di depan pintu masuk sekolah.

"Memang ada sih dari pihak sekolah membuat semacam salauran. Namun, untuk salurang pembuangannya yang tidak ada. Sehingga menyebabkan air menggenang yang kami khawatiran para anak didik akan terkontaminasi penyakit kulit karena air berlumpur, yang sedikit banyaknya genangan air tersebut bercampur dengan limbah warga yang berada di sekitar area sekolah," ujarnya

Menurut, Siti Nawiyah, pihaknya sudah pernah mengajukan usulan kepada dinas terkait (DLH). Namun, katanya sampai saat ini belum ada tanggapan sama sekali.

"Sekitar tahun 2013 lalu, kami di sini pihak sekolah sudah pernah mengajukan permohonan ke BLH yang sekarang menjadi DLH melalui proposal untuk pembuatan saluran air atau drainase disekolah kami. Sampai saat ini masih belum ada tanggapan dari pihak terkait," ungkapnya.

Dirinya sangat berharap kepada pemerintah setempat melalui pihak terkait, untuk dapat membuat saluran air, sehingga apabila musim penghujan datang maka halaman sekolah tidak lagi tergenang oleh air.

Sementara itu, dari pantauan KabarKalteng di lokasi, memang benar adanya. Di SDN 4 Pulang Pisau itu tidak ada saluran pembuangan air, sehingga dengan itu apabila hujan, maka air hujan tersebut akan tergenang.[manan]


TAG