Kelola DD, 8 Desa di Sebangau Kuala Minta Pendampingan TP4D

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU- Sebanyak delapan desa di Kecamatan Sebangau Kuala Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) menyampaikan keinginannya kepada Tim Pengawalan dan Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) untuk melakukan pendampingan terkait pengelolaan Dana Desa (DD).

Hal itu tentunya merupakan langkah awal dalam perbaikan sistem dalam pengelolaan DD dan sistem lainnya di desa.

Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, H Maryadi Idham Khalid melalui Kasi Intel Gusti M Kahfi menyambut baik dan mengapresiasi keinginan Kepala Desa (Kades) di Kecamatan Sebangau Kuala untuk mendapatkan pendampingan kepada TP4D dalam rangka penggelolaan DD itu sendiri.

Menurut M Kahfi, untuk meminta pendampingan, pihak desa terlebih dahulu mengajukan permohonan kepada TP4D. Ketika pengajuan permohonan sudah disampaikan, jika TP4D akan melakukan pemaparan apa yang harus dilakukan pada kegiatan yang akan dilakukan oleh desa.

"Tidak semua kegiatan itu harus didampinggi TP4D, hanya beberapa item pekerjaan saja yang dipandang sangat sulit dalam pengerjaannya," ungkapnya kepada KabarKalteng, Minggu (24/12/2017).

M Kahfi juga menjelaskan, untuk mekanisme pendampingan TP4D diawali dengan surat permohonan, bahwa kegiatan membutuhkan pengawalan TP4D. Dia juga menyampaikan, apabila desa telah mengajukan permohonan pendampingan, maka TP4D akan mengawal dan mengawasi mulai dari sistem regulasi hingga finalisasi kegiatan tersebut, sehingga apabila ada potensi kerugian negara bisa di antisipasi dan di cegah.

"Yang akan kita awasi dan di kawal itu sitem regulasi sampai sistem pelaksanaannya," tandasnya.

Sementara itu, Ketua Adesi Kecamatan Sebangu Kuala, Sutrisno akan segera berkoordinasi kepada seluruh Kades untuk mempersiapkan surat permohonan pendampingan kepada TP4D Kejaksaan Pulang Pisau.

Menurut Sutrisno, langkah ini dilakukan agar kegiatan yang dilaksanakan dapat berjalan dengan baik sesuai dengan aturan, sehingga potensi terjadinya penyimpangan dapat diminimalisi.

"Makanya, kami sangat berterima kasih kepada Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, melalui kegiatan yang selama ini dilakukan oleh pihak kejaksaan Pulpis yang telah memberikan kami pemahaman serta penyuluhan hukum tentang desa.

"Banyak sekali manfaat dan pembelajaran yang selama ini diberikan pihak kejaksaan Pulpis, salah satunya pemahaman tugas dan fungsi TP4D itu sendiri," imbuhnya.[manan]


TAG