Johansyah: ASN yang tak Masuk Kerja Beri Sanksi Tegas

Print Friendly and PDF


PULANG PISAU - Johansyah, anggota DPRD Pulang Pisau (Pulpis) dari Komisi I bagian Pemerintahan menekankan Aparatur Negeri Sipil (ASN) di lingkup Pemkab Pulpis yang jarang masuk kerja tanpa alasan jelas, maka hal itu harus ditindak dengan tegas.

"Baru-baru ini juga saya mendapat kabar kalau ada sejumlah ASN Lingkup Pemkab Pulpis yang tidak masuk kerja hampir dua pekan sebelum adanya libur bersama kemarin dalam menyambut perayaan natal kemarin," ujar Johansyah kepada KabarKalteng, Sabtu (30/12/2017).

Dikatakannnya, kalau memang benar adanya informasi terkait sejumlah ASN yang tidak masuk tanpa alasan itu, maka seharusnya sudah ditindak tegas sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang mengatur tentang disiplin pegawai itu sendiri.

"Misal, paling tidak dengan memanggil yang bersangkutan, kenapa tidak masuk kantor, apakah memang berhalangan karena sakit, ada urusan yang sifatnya mendadak yang harus segera diselesaikan sendiri atau sibuk atau memang sengaja tidak ngantor," tandasnya.

Pihaknya tentunya sangat berharap kalau ASN di Pulpis ini, ASN yang kuat, tidak malas, profesional dan tentunya jujur. "Jadi kita harap, kepada OPD dalam hal ini harus selalu proaktif dalam mengontrol stafnya. Mengacu kepada sanksi pun ada kriterianya, yaitu sanksi berat, sedang atau ringan sesuai dengan tingkat kesalahan yang bersangkutan," ungkapnya

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Pulpis, Syaripudin yang juga menanggapi dan berkomentar, terkait adanya sejumlah ASN yang dikabarkan tidak masuk kerja sebelum dan sesudah libur bersama kemarin. Dikatakannya, kalau memang nantinya didapati kebenaran kabar tersebut, maka tentunya akan kami tindak tegas.

"Untuk tahun depan kiranya tidak ada lagi penambahan hari libur, dan akan kita lakukan sidak. OPD juga harus bertanggungjawab dengan stafnya," tegasnya.

Dirinya juga berharap, ke depannya untuk ASN lingkup Pemkab Pulpis sadar dengan tugas dan kewajibannya sebagai seorang abdi negara. "Kiranya ke depan ASN di Pulpis ini harus lebih baik lagi dalam kinerjanya," pintanya.[manan]


TAG