Handil Semangat, Perkampungan yang Disulap Jadi Destinasi Wisata

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Kawasan handil Semangat, Kelurahan Selat Dalam, sebelumnya adalah perkampungan biasa. Dulunya anak sungai di perkampungan itu penuh semak, terlihat semrawut. Namun kini kawasan itu berubah layaknya sebagai sebuah destinasi wisata altenatif bagi masyarakat Kapuas maupun sekitarnya.

"Dulunya anak sungai dipenuhi semak, kotor dan semrawut," kata Hadi Warga RT 04 Handil Semangat, Sabtu (30/12/2017).

Menurutnya, setelah ada penataan jalan dan penyiringan anak sungai, kampung kelahirannya itu malah sering dikunjungi masyarakat dari mana-mana.

"Biasanya Jumat sore, hari Sabtu atau Minggu banyak yang (berkunjung) ke sini," imbuh Hadi.

Mereka, lanjut Hadi, ada yang sekedar melihat-lihat, duduk santai, ada yang berselfie ria, bahkan ada juga sekelompok ibu-ibu yang memanfaatkan kawasan itu dengan aktivitas senam.

Menurut Hamsan, Ketua RT 04, perkampungan Handil Semangat berpenduduk 130 KK, dan sekitar 30 KK berdomisili di dekat anak sungai yang kini telah tersiring.

"Untuk jalan semenisasi dan bangku-bangku taman itu dibangun dari BKM (Badan Keswadayaan Masyarakat)," tutur Hamsan.

Sedang penyiringan sungai yang panjangnya sekitar 900 meter lebih itu dibangun oleh Dinas PUPRPKP Kapuas, melalui program NUSP (Neighbordhood Upgrading and Shelter Project).

"Kampung kita ini, pada tahun ini meraih juara satu lomba kebersihan," timpal Hamsan.


Kampung itu sendiri kini namanya Kampung Barasih. Dengan kondisi ini, penduduk setempat merasa senang karena kampungnya sekarang menjadi kawasan wisata, meskipun dalam skala kecil.

Pantauan KabarKalteng sebelum masuk kawasan Handil Semangat, dari jalan Tjilik Riwut terdapat dua buah pinta gerbang dengan tulisan di atasnya Kawasan Ekowisata Handil Semangat.[zulkifli]


TAG