Gerak Cepat Direktur Baru, RSUD Jaraga Sasameh Kejar Akreditasi B

Print Friendly and PDF


BUNTOK - Tidak ingin hanya sekedar wacana, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jaraga Sasameh Buntok, Kabupaten Barito Selatan, dr Leonardus P Lubis SPOG, targetkan raihan Akreditasi B.

Disampaikan oleh Leonardus, terkait target yang akreditasi paripurna RSUD Jaraga Sasameh Buntok tersebut, pihaknya sudah mulai melakukan perbaikan dan evaluasi, terhadap semua sektor dan faktor yang diperlukan, sebagai syarat untuk dapat memperoleh akreditasi paripurna yang ditargetkan.

"Kami (RSUD), sudah mulai melakukan pembenahan di beberapa sektor, agar bisa memenuhi syarat untuk memperoleh akreditasi paripurna. Kami tidak mau sekedar wacana saja, harus bisa terealisasi akreditasi minimal B di tahun 2018," sebut dokter yang akrab disapa Leo ini, di sela kegiatan Rapat Paripurna DPRD, Rabu (6/12/2017).

Kepada Kabar Kalteng, Leo juga menerangkan bahwa pembenahan yang sudah mulai dilakukan oleh RSUD adalah, perbaikan pelayanan, mendata kebutuhan fasilitas serta melakukan pendataan kebutuhan tenaga kesehatan. Hal ini segera dilakukan, mengingat segala faktor pendukung tersebut, harus cepat dimasukkan kedalam program kerja Pemerintah Kabupaten Barsel di tahun 2018.

Dalam hal peningkatan pelayanan pasien, RSUD Jaraga Sasameh di bawah kepemimpinan Leo, akan menerapkan sistem pelayanan yang mengutamakan keramahan dan cepat tanggap. Selanjutnya fasilitas - fasilitas tambahan, seperti penambahan ruang bedah, alat - alat kesehatan layaknya CT Scan dan alat kesehatan lainnya juga harus segera diadakan.

Selain itu, yang utama adalah menyangkut Sumber Daya Manusia (SDM) pelayan kesehatan, yang harus ditingkatkan, baik dari segi kualitas ataupun kuantitasnya, sesuai dengan kebutuhan masyarakat saat ini. 

"Selain penambahan fasilitas seperti ruang bedah dan alat - alat kesehatan, RSUD Jaraga Sasameh juga perlu penambahan Dokter ahli, dan perawat serta bidan yang berkualitas, demi peningkatan mutu RSUD itu sendiri," jelaskannya.

Mengapa RSUD Jaraga Sasameh Buntok, sangat penting mendapatkan Akreditasi yang lebih baik. Tidak lain, adalah mengingat letaknya yang strategis, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat dari beberapa daerah kabupaten maupun provinsi tetangga.

"Buntok ini kan yang paling mudah dijangkau, dari Barito Timur, Barito Utara dan bahkan dari Amuntai. Untuk itulah, RSUD Jaraga Sasameh, sangat potensial dijadikan rumah sakit rujukan dari beberapa daerah tersebut," tukas Leo.

Mengenai optimisme bahwa RSUD Jaraga Sasameh Buntok, akan dapat mencapai target akreditasi paripurna tersebut, Leo mengaku sangat yakin. Sebab segala hal yang memenuhi persyaratan untuk meraih itu, mendapatkan dukungan penuh dari Pemkab Barsel dan DPRD Barsel.

"Kami sangat yakin, bisa meraih akreditasi paripurna, sebab Pemkab dan DPRD Barsel sangat mendukung hal itu," optimis direktur RSUD muda ini menutup.[tampetu/deni]


TAG