Bupati Edy Resmikan Jembatan Bereng Kalingu

Print Friendly and PDF



PULANG PISAU - Bupati Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) H Edy Pratowo, meresmikan Jembatan Bereng Kalingu, Anjir Pulang Pisau di Kecamatan Kahayan Hilir (Kahlir), Kabupaten Pulpis, Minggu (31/12/2017) sekitar pukul 19.30 WIB.

Peresmian jembatan penghubung antara Kelurahan Bereng menuju arah muara Anjir Kalampan dan kota Pulpis itu ditandai dengan penekanan saklar dan penandatanganan prasasti oleh Bupati Edy, dan turut disaksikan pejabat, tokoh adat, tokoh masyarakat dan segenap masyarakat Pulpis.

Kepala Dinas PUPR Pulpis, Rustam Ahmidi mengatakan, berkenaan dengan selesainya Jembatan Bereng Kalingu Anjir Kalampan yang diresmikan terletak di muara Anjir  itu membentang sepanjang sekitar 70 meter dan lebar 2,5 meter yang bangun dari Dana APBD dimulai sejak tahun 2016 dengan dana tahap sebesar Rp3 miliar dan pada tahap kedua yaitu pada tahun anggaran 2017 dengan dana Rp8 miliar.

"Jadi, total pembangunan Jembatan Bereng Kalingu sebesar Rp11 miliar," ungkap Rustam Ahmidi.

Jembatan Bereng Kalingu yang juga merupakan sarana vital oleh masyarakat Bereng dan Cukai untuk akses jalan menuju ke dalam Kota Pulpis.

“Dulunya konstruksi jembatan ini terbuat dari kayu ulin. Karena rusak termakan oleh usia, maka sekarang kita ganti dengan rangka baja. Namun tidak merubah dari bentuk aslinya seperti sebelumnya yang menggunakan bahan dasar kayu ulin,” ujarnya.

Bupati Edy pada kesempatan itu mengatakan, jembatan Bereng Kalingu yang sudah selesai ini diharapkan juga dapat menjadi ikon kota. Karena itu, masyarakat harus memanfaatkan dan bersama-sama menjaganya agar bangunan ini terus dapat dirasakan sampai anak cucu.

“Semoga dengan dibangunnya kembali jembatan yang merupakan akses transportasi cepat untuk menuju kota Pulpis, masyarakat Bereng, Cukai bahkan dari Desa Gohong dengan mudah dan cepat sampai ke perkotaan Pulpis, mengingat jarak tempuhnya bila melalui jembatan Bereng Kalingu durasi waktunya lebih cepat dibandingkan harus memutar lewat jalan," ungkap Edy.

Dengan dibangunnya jembatan tersebut, bupati minta kepada masyarakat untuk memanfaatkannya dalam meningkatkan perekonomian warga sekaligus diharapkan dapat sama-sama memeliharanya dan merawatnya.

Bupati juga meminta kepada semua komponen masyarakat agar terus melaksanakan dan mendukung semua program pemerintah agar ke depannya bisa lebih baik dan lebih maju lagi.

“Semoga dengan adanya jembatan gantung ini, aktivitas masyarakat yang ada di sini menjadi semakin lancar, dan ke depannya semoga kehidupan kita akan lebih sejahtera,” tutup bupati.[manan]


TAG