Setelah PPK dan PPS Tujuh Kecamatan, KPU segera Lantik Sepuluh PPS Lagi

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Mengambil tempat di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kapuas, Jalan Tambun Bungai, Selasa (7/11/2017) malam, dilaksanakan pelantikan dan pengambilan sumpah 85 orang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 17 wilayah Kecamatan se-Kabupaten Kapuas.

Untuk per kecamatan terdiri dari lima anggota PPK. Selain itu dalam waktu bersamaan dilantik dan diambil sumpah sebanyak 228 orang Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk 76 desa dan kelurahan dari 7 wilayah kecamatan.

Pelantikan dilakukan ketua KPU Kapuas, Bardiansyah SE. Sebelumnya komisioner KPU Kapuas Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Suhardi SPdI MA kepada Kabar Kalteng mengatakan, PPS yang dilantik dari 7 kecamatan tersebut terdiri dari Kecamatan Kapuas Timur, Basarang, Bataguh, Kapuas Hilir, Pulau Petak, Selat dan Kecamatan Tamban Catur.

"Masa kerja anggota PPK dan PPS selama delapan bulan terhitung sejak dilantik dan menerima SK dari KPU," terang Suhardi.

Lanjutnya, pembentukan PPK dan PPS  berdasarkan Peraturan KPU RI nomor 3 tahun 2015 juga PKPU RI nomor 12/2017.

Menurutnya, pelantikan PPS untuk kecamatan lainnya segera menyusul, mengingat letak wilayah sepuluh kecamatan cukup jauh, namun tetap dilakukan pelantikan dalam waktu secepatnya.

Total seluruh PPS se-Kabupaten sebanyak 693 orang, untuk 231 desa, kelurahan, anggota PPS sendiri terdiri 3 orang per desa, per kelurahan.

Tahapan selanjutnya adalah pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). "Dan itu dilakukan pembentukan sekitar satu bulan menjelang hari H pemungutan Suara," pungkas Suhardi.

Kabupaten Kapuas sendiri adalah salah satu daerah yang akan melaksanakan Pilkada Serentak, di mana waktu pelaksanaan pemungutan suara jatuh pada 27 Juni 2018 akan datang.[zulkifli]


TAG