PIP Motivasi Belajar Siswa Kurang Mampu

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Pemberian Bantuan bagi melalui Program Indonesia Pintar (PIP) dimaksudkan agar siswa kurang mampu tetap mendapatkan layanan pendidikan,. Juga mencegah angka putus sekolah, dan diharapkan bisa meringankan biaya  personal peserta didik baik langsung maupun tidak langsung.

"Harapan kita bagi peserta didik yang mendapatkan PIP, sebagai motivasi agar lebih giat belajar," ungkap M Hassan SPd,  MA Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Jumat (3/11/2017).

Menurutnya, melalui berbagai program pemerintah terus meningkatkan bantuan untuk memajukan dunia pendidikan, di antaranya melalui progam BOS dan PIP yang secara umum menggunakan data Dapodik. Selain itu, menurutnya beasiswa prestasi juga diberikan kepada peserta didik yang memang mempunyai prestasi menonjol.

Sementara itu, menurut Rudie SPd, operator PIP bidang Pembinaan SD, di tahun 2017 hingga tahap 8, tercatat ditetapkan sudah 10.259 jumlah peserta didik SD penerima PIP, dan yang sudah tercairkan melalui pengaktifan rekening sebanyak 5059 siswa dengan total dana yang sudah tersalurkan sebesar Rp2.117.925.000.

Menurutnya dana akan segera disalurkan jika peserta didik sudah melakukan pengaktifkan rekening. "Pencairan dana PIP dilakukan peserta didik melalui bank dengan memenuhi beberapa ketentuan, di antaranya pengaktifkan rekening bank atau virtual account," pungkas Rudie.[zulkifli]


TAG