Kemendes Support Pengembangan Transmigrasi Kapuas

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Mengingat luasan wilayah Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah masih tak sebanding dengan jumlah penduduk, di mana luas Kapuas sekitar 15.000 km² dengan hanya berpenduduk sekitar 408.830 jiwa, tentu sangat memungkinkan dilakukan pengembangan pembangunan bidang transmigrasi.

Hal itu mendapat dorongan serta  dukungan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigasi (PDTT) RI.

"Supportnya kami mendorong  supaya Kapuas lebih maju lagi, dalam sisi perbandingan antara potensi Sumber Daya Alam (SDA) yang ada masih sangat luas," kata Putut Edi Sasono, Dirjend Pengembangan Kawasan Perdesaan  Transmigrasi RI kepada Kabar Kalteng di sela kegiatan Kunker ke Desa Bungai Jaya, Kecamatan Basarang, Kapuas, Sabtu (18/11/2017).

Menurutnya, kondisi demikian perlu adanya penambahan penduduk, dan itu tidak hanya penambahan penduduk dari pulau Jawa saja, namun juga dari penduduk lokal atau Transmigrasi Penduduk Setempat (TPS). Hal itu, lanjutnya, dimaksudkan dalam rangka membangun, mengolah dan mengelola sumber daya setempat.

"Masih dikembangkan (transmigrasi) dan itu didukung oleh amanat undang-undang dan peraturan pemerintah," pungkas Dirjed PKP Transimigrasi Kemendes PDTT RI itu.[zulkifli]


TAG