• Latest News

    Senin, 06 November 2017

    Bupati Kapuas : Mari Jaga dan Pelihara Kelestarian Taman


    KUALA KAPUAS – Dalam Rangka Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Asmin Bara Bronang maka dibangunlah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yaitu Taman ASKARI (Asmin Kapuas Lestari dan Rumah Pintar ASTRA di Kabupaten Kapuas, yang diresmikan langsung oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT ditandai dengan pemukulan gong, Senin (6/11/2017).

    Peresmian Taman Kota ASKARI dan Rumah Pintar yang dibangun PT Asmin Bara Bronang di Kabupaten Kapuas sebagai salah satu bentuk pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan dalam pembangunan di Kabupaten Kapuas pada tahun 2017.

    Adapun, rangkaian kegiatan dari peresmian tersebut, sebelumnya dilaksanakan Ritual Adat Pantan Timpung dan kegiatan adat Angkat Hambai dari DAD Kabupaten Kapuas yang bertujuan untuk kedekatan diri dari pihak pertama kepada pihak kedua sebagai wujud interaksi sosial dari kedua belah pihak.

    Selanjutnya, Bupati Kapuas yang didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas Ny Ary Egahni Ben Bahat dan tamu undangan yang hadir disambut dengan Tarian Adat Dayak. Kemudian, acara dirangkaikan dengan Penandatanganan Dokumen Serah Terima Taman ASKARI antara PT Asmin Bara Bronang dengan Bupati Kapuas, Penandatanganan Prasasti Taman ASKARI oleh Bupati Kapuas dan Direktur PT Asmin Bara Bronang dan Penandatanganan Prasasti Rumah Pintar Askari oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kapuas.

    Dilanjutkan dengan Pelepasan Balon oleh Ketua TP PKK bersama anak sekolah, siswa siswi SD/SMP/SMA dan Prosesi Tanam Pohon Ulin di lokasi taman serta Pemecahan secara simbolik Kendi/Guci dalam rangka pemberantasan Kebodohan.

    Bupati Kapuas dalam sambutannya mengatakan atas nama pribadi, Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas dan seluruh masyarakat Kapuas mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada PT Asmin Bara Bronang yang telah memberikan Taman Asmin Kapuas Lestari (ASKARI), Rumpah Pintar ASKARI dan Videotron secara gratis. Hal itu, ungkap dia, merupakan tanggung jawab sosial berupa CSR yang diberikan kepada Kabupaten Kapuas.

    “Mari kita pelihara taman ini dengan baik. Saya minta kepada Dinas PU untuk ke depannya menambah pohon-pohon pelindung supaya rindang nantinya. Saya juga berharap dengan adanya Rumah Pintar semua pelajar bisa betah belajar disana dengan menggali ilmu pengetahuan,” tuturnya.

    Kemudian, dengan adanya Videotron, ia mengatakan, akan jalan siang dan malam selama 24 jam dengan menampilkan data-data informasi tentang Kabupaten Kapuas dan dokumentasi lainnya. Tetapi dengan syarat, lanjut Ben, agar semua pihak untuk memelihara fasilitas taman dan menjaga keamanannya baik Taman, Rumah Pintar dan Videotron yang dibangun tersebut.

    “Mari kita pertahankan Piala Adipura. Ke depannya kita harapkan dukungan semua pihak agar bisa mengerjakakan tanah yang masih kosong dan mudah-mudahan pihak CRS bisa membeli tanah tersebut dan langsung menatanya. Kalau sudah selesai membangun taman oleh pihak PT Asmin, bisa membangun hal-hal lainnya seperti rumah sakit,” imbuhnya.

    Sementara itu, Direktur PT Asmin Bara Bronang Ir Dadi Sukarso Yuwono menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kapuas atas segala dukungan dan partisipasinya sehingga pembangunan taman bisa terlaksana dengan baik.

    Dadi Sukarso mengatakan PT Asmin Bara Bronang sebagai salah satu Perusahaan Pertambangan yang berlokasi di wilayah Kabupaten Kapuas memiliki komitmen dalam pelaksanaan program tanggung jawab sosial dan lingkungan perusahaan dengan mewujudkan pembangunan Taman Askari, Rumah Pintar Askari dan Videotron.

    “Hal ini sebagai bentuk komitmen kita bersama untuk melaksanakan percepatan pembangunan daerah yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kapuas,” ungkapnya.

    Ia mengungkapkan, pembangunan taman tersebut juga sebagai bentuk sinergis pola kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Kapuas dengan PT Asmin Bara Bronang dalam mewujudkan pembangunan di wilayah Kabupaten Kapuas.

    Pihaknya berharap, dengan dibangunnya Taman Askari, Rumah Pintar Askari dan Videotron seluruh masyarakat Kabupaten Kapuas secara khusus masyarakat yang ada di Kota Kuala Kapuas agar bersama-sama menjaga dan memelihara kebersihan taman, rumah pintar dan vidotron yang merupakan aset dari Kabupaten Kapuas serta menjadi bagian dalam memperindah wajah kota Kuala Kapuas sebagai pusat rekreasi, area bermain, belajar anak dan menjadi bagian dari Ruang Terbuka Hijau di Kota Kuala Kapuas.

    “Memang salah satu item yang diinginkan dalam pembangunan ini adalah rumah pintarnya yang merupakan ikon kita, karena komitmen kita bahwa Rumah Pintar merupakan bentuk kesinambungan yang akan kita lakukan terus menerus sehingga tujuannya yaitu mencerdaskan anak-anak yang ada di kota ini dapat berjalan dengan baik,” tuturnya.

    Sekda Kapuas selaku Ketua Forum Corporate Sociality Responsibility (CSR) dalam laporannya mengatakan, tujuan Peresmian Taman Kota ASKARI dan Rumah Pintar yang dibangun oleh PT Asmin Bara Bronang di Kabupaten Kapuas itu adalah sebagai tanda mulainya secara resmi pembukaan taman kota Askari yang dibangun oleh Asmin Bara Bronang sejak tahun 2016 kurang lebih 15 bulan sampai dengan saat ini.

    Kemudian, sebagai salah satu perwujudan pelaksanaan tanggung jawab sosial dan bentuk komitmen dari perusahaan pertambangan PT Asmin Bara Bronang dalam mengharmonisasikan dan mensinergikan pelaksanaan kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan dengan program pembangunan daerah Kabupaten Kapuas.

    Rianova menjelaskan, adapun hasil pembangunan fisik sebagai pelaksanaan tanggung jawab sosial PT Asmin Bara Bronang pada kawasan Taman Askari meliputi Taman Askari dengan biaya sekitar Rp5,4 Miliar yang terdiri dari penimbunan tanah taman, bangunan taman dan drainase, pagar stainless steel, sumur bor dan perlengakapannya dan pemasangan listrik.

    Selanjutnya, untuk Rumah Pintar Askari 1 Unit dengan biaya sekitar Rp817 Juta yang terdiri dari bangunan rumah pintar, AC, Furniture 1 set,  Buku 564 buah, tempat sampah 3 set, karpet 1 set, komputer 5 unit dan printer 1 unit. Videotron 3 x 5 M2 Epistar 1 Unit dengan biaya sekitar Rp795 Juta.

    “Total keseluruhan biaya pembangunan Taman Kota Askari dan Rumah Pintar Kuala Kapuas beserta fasilitasnya sebesar sekitar Rp7,1 Miliar,” ungkapnya.[angga]

     


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Bupati Kapuas : Mari Jaga dan Pelihara Kelestarian Taman Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top