Banjir Musiman Terjang Desa di Kecamatan Lahei

Print Friendly and PDF


MUARA TEWEH - Lagi-lagi banjir di beberapa Kecamatan dan Desa mulai menghantui warga yang berdomisili di dataran rendah. Menanggapi bencana banjir ini, Kapolsek Kecamatan Lahei, AKP Fry Mayedi Sastrawan SE melaksanakan kegiatan rutin mendata dan memantau beberapa wilayah yang terkena banjir.

Dua hari berturut-turut Perwira yang ada di Kecamatan Lahei ini tampak sigap bersama anak buahnya turun ke lapangan untuk melakukan pemantauan sekaligus monitoring.

AKP Fry, Kamis (9/11/2017) mengatakan, Polsek Lahei telah melakukan patroli, monitoring dan pendataan bencana banjir di wilayah hukum Polsek Lahei. Beberapa langkah telah dilakukan, termasuk patroli dan pengawasan setiap dua Jam.

"Kami juga memberikan sosialisasi dan imbauan kepada warga korban banjir," ujar Fry.

Naiknya debit air saat ini, lanjutnta, dikarenakan curah hujan semakin sering terjadi baik pada malam maupun pada siang hari yang mengakibatkan beberapa sungai di bagian hulu DAS Barito serta DAS Lahei meluap, dan sebagian besar desa dan kelurahan menjadi lokasi banjir, terutama bagi masyarakat yang berada di dataran rendah.

"Kini warga masyarakat yang menjadi korban banjir sudah terbiasa dengan kondisi tersebut, karena hal itu merupakan permasalahan yang sering terjadi setiap tahunnya, terutama pada saat musim-musim penghujan seperti sekarang ini," jelasnya.

Menghadapi situasi ini, warga membuat panggung secara permanen atau tinggal di rumah yang dibuat bertingkat. Apalagi diperkirakan ketinggian debit air akan terus bertambah. Berdasarkan informasi dari masing-masing lokasi saat ini terus mengalami kenaikan ketinggian air antara 7 sampai 10 sentimeter.

"Kami selalu berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Lahei dan Kecamatan Lahei Barat. Namun hingga saat ini belum bisa didapatkan data jumlah kerugian materil dari masing-masing desa dan kelurahan, dikarenakan minimnya sarana, anggaran dan fasilitas dari masing-masing kecamatan. Untuk sementara tidak ada korban jiwa," pungkasnya.[doni]


TAG