Peringati Hari Sumpah Pemuda, KNPI Katingan Gelar Lomba Pentas Pemuda

Print Friendly and PDF


KASONGAN - KNPI Kabupaten Katingan menggelar perlombaan bertemakan pentas pemuda. Ini digelar dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-89, Sabtu (28/10/2017).

Kegiatan yang dilaksanakan di halaman kantor KNPI Katingan ini dihadiri oleh Asisten II Sekda Katingan, Ahmad Rubama mewakili Bupati Katingan Sakariyas.

Pentas pemuda KNPI Katingan 2017 mempertandingkan lomba pidato dan akustik. Ratusan peserta yang hadir dalam pentas pemuda saat sebelum dimulainya lomba diajak bersama-sama menyanyikan lagu nasional Satu Nusa Satu Bangsa.

Rubama mengatakan, kegiatan yang dilakukan KNPI Katingan ini adalah sebagai salah satu bentuk untuk menciptakan karakter peserta agar bisa maju dan tampil di depan orang banyak.

Menurutnya, hampir semua peristiwa perubahan tidak lepas dari peran pemuda. "Pemuda Indonesia selalu menempatkan dirinya sebagai agen perubahan bagi negerinya," ucapnya.

Rubama mecontohkan rangkaian peristiwa yang dipelopori oleh pemuda, seperti lahirnya Budi Utomo 1908, Sumpah Pemuda 1928, Proklamasi kemerdekaan RI 1945, peralihan orde lama ke orde baru 1966 dan reformasi 1988.

Sementara itu, Ketua Panitia  Iskandar mengajak para pemuda Katingan agar bisa berperan aktif dalam membangun Kabupaten Katingan dengan berbagai prestasi.

"Pemuda itu harus aktif, mari kita para pemuda Katingan agar bisa berperan aktif dalam membangun daerah kita ini dengan cara kita ukir prestasi yang setinggi-tingginya," tegasnya.[triokta]


TAG