Pemkab segera Bangun Perumahan Layak Huni New Site Development Di Kapuas

Print Friendly and PDF



KUALA KAPUAS - Salah satu upaya pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakatnya melalui penyediaan perumahan layak huni, lingkungan yang sehat dan nyaman serta ditunjang dengan ketersedian sarana dan prasarana umum. Upaya itu segera dilakukan pemerintah di Kota Kapuas melalui program Permukiman Kembali (New Site Development).

"Akan dibangun 200 unit rumah layak huni Permukiman kembali yang akan ditunjang dengan ketersediaan berbagai sarana dan prasarana umum bagi kawasan perumahan," ungkap Heni Mariati ST, Kasi Perencanaan Teknis Dinas PUPRPKP Kabupaten Kapuas, Rabu (4/10/2017).

Menurutnya, itu hanya dialokasikan bagi warga yang berada di kawasan kumuh, yang berada di kawasan bantaran sungai yang tidak memiliki legalitas atas kepemilikan tanah, tetapi nantinya warga akan dilayani pemerintah secara legal.


Lokasi perumahan layak huni Permukiman Kembali berada di Kelurahan Selat Utara, lamjutnya, tengah dipersiapkan lahan seluas 3 hektar. Nantinya dikawasan itu juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, seperti ketersediaan aliran listrik PLN, air PDAM, jalan utama dengan lebar 6 meter, sarana umum PAUD dan mushola.

Di samping itu, melalui program Neighbordhood Upgrading and Shelter Sector Project (NUSSP), dibangun juga infrastruktur peningkatan prasarana umum di kawasan Pemukiman Kembali itu, yaitu jaringan draenase, air bersih, dan jaringan air limbah serta sarana  pengelolaan persampahan.

"Sebagaimana tujuan pemerintah harapan kami nantinya warga mendapatkan hunian yang layak dan sehat," pungkas Heni.[zulkifli]


TAG