Pemkab Perjuangkan Alokasi Dana Kelurahan

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Perlakuan seimbang antara kelurahan dan desa dalam alokasi anggaran yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten Kapuas.

"Melalui rakor-rakor tingkat regional dan  pertemuan dengan Pusat, selalu kita konsultasikan dan koordinasikan, alokasi dana untuk kelurahan," ungkap Drs Ibak MPd, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kapuas, Jumat (6/10/2017).

Menurutnya, usulan juga sudah dilakukan, termasuk rekomendasi bersama agar kelurahan juga bisa mendapatkan anggaran yang sama dengan desa seperti Dana Desa (DD).

Dilansir dari situs pemberitaan nasional, pemerintah kini tengah mengkaji alokasi dana kelurahan bersumber dari ABPN. Aspirasi itu disampaikan masing-masing daerah melalui Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) yang dilatarbelakangi keinginan agar kelurahan diberlakukan sejajar dengan desa dalam hal anggaran.

Menurut Ibak, kebijakan dan regulasinya ada pada Pemerintah Pusat yang menentukan. Daerah dalam hal ini hanya mengusulkan dan memperjuangkan aspirasi itu.

"Melalui Pemkab untuk kelurahan, tetap diusulkan ada peningkatan anggaran dari APBD," pungkasnya.[zulkifli]


TAG