Pemkab Jalin Kerjasama dengan Polres dan Kajari

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Pemerintah Kabupaten Kapuas bersama Kejaksaan Negeri dan Polres Kapuas menjalin perjanjian kerjasama yang dituangkan dalam penandatanganan kesepakatan bertempat di Ruang Rapat Bupati Kapuas Lantai II, Selasa (3/10/2017) pagi.

Ada dua kesepakatan yang dijalin. Pertama kesepakatan yang ditanda tangani langsung oleh Kepala Kejaksanaan Negeri Kapuas Komaidi SH dengan empat Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) yang ada di Kabupaten Kapuas yakni Kepala Dinas Kominfo, Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga. Lalu dengan Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah serta Kepala Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Kerjasama ini terkait Penanganan Masalah Hukum Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

Kemudian yang kedua antara Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dengan Kapolres Kapuas AKBP Sachroni Anwar. Kerjasama ini terkait dengan Pembinaan dan Latihan Seleksi Penerimaan Anggota Polri Tahun Anggaran 2018.

Kajari Kapuas Komaidi dalam sambutannya menjelaskan dengan ditandatanganinya perjajian ini diharapkan menjadi tonggak kebersamaan dan kepercayaan aparatur pemerintah daerah dengan Kejaksaaan dan merupakan simbiosis mutualisme yaitu kerjasama yang menguntungkan.

“Saya berharap MoU ini merupakan awal dari kerja sama lain yang lebih baik lagi antara Kejaksaan dan Pemda dalam bentuk pendapat hukum, pendampingan hukum, penerangan hukum, bantuan hukum dan tindakan hukum lainnya,” terang Komaidi.

Sementara itu Kapolres menjelaskan kerjasama yang telah dijalin ini untuk menggali potensi pemuda/pemudi untuk bisa menjadi anggota Polri. Hal ini mengingat tingginya animo para lulusan SMA yang ingin menjadi Polri. “Kerjasama ini menekan oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab yang memanfaatkan penerimaan Polri untuk kepentingan pribadi,” ucap Sachroni.

Ditempat yang sama Bupati menyambut baik kerjasama ini karena dapat membantu Pemerintah Daerah kearah yang lebih baik. Dia menilai kerjasama ini menguntungkan kedua belah pihak. “Saya ingin agar kerjasama ini dapat direalisasikan yang pada akhirnya membantu pelayanan kepada masyarakat,” tukasnya. Angga


TAG