Pemkab akan Ajukan Raperda Bebas Merokok

Print Friendly and PDF


KASONGAN – Pemerintah Kabupaten Katingan bakal mengajukan draf Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang bebas merokok.

Hal ini disampaikan Plt Kabag Hukum Setda Katingan, Emon Sianturi SH MH, Senin (2/10/2017) di ruang kerjanya.

Sebelum akan mengajukan draf tersebut, dia akan mempersiapkan konsep regulasinya untuk dikonsultasikan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, sekaligus mempersiapkan konsep akademiknya.

"Sehingga naskah draf Raperda tersebut dalam waktu dekat ini akan diajukan ke Badan Legeslasi Daerah (Balegda) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Katingan. Setelah itu, baru kita lakukan pembahasan bersama pihak legeslatif,” terangnya.

Tujuan dibuatnya Perda Bebas Merokok ini, menurutnya, selain untuk mengurangi polusi udara dari bahaya merokok kepada masyarakat Katingan yang pasif, lantaran terganggunya asap rokok para  perokok aktif, juga untuk mengurangi perokok aktif, di mana merokok mendatangkan berbagai penyakit.

Dinilai dari keuntungan subyektifnya, Perda ini meskipun tidak mendatangkan pendapatan dari sisi finansial bagi Pemkab setempat, tapi akan sangat berdampak terhadap pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat.

“Memang, hari ini mungkin tak terlihat dampak positifnya, tapi dua hingga tiga tahun mendatang akan kita rasakan. Dari sisi kesehatan sudah pasti, dan jika udara kita sehat maka kita pun akan sejuk untuk menghirupnya,” pungkasnya.[triokta]


TAG