Pelatihan Citizen Jurnalis Ajak Peserta Pantau Lahan Gambut

Print Friendly and PDF


PALANGAKA RAYA - Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Kalimantan Tengah mengadakan Pelatihan jurnalisme rakyat alias citizen journalist. Kegiatan ini digelar bekerjasama dengan Yayasan Madani Berkelanjutan dengan memberikan materi pelatihan tentang jurnalis di Hotel Forvere Palangka Raya, Senin (16/10/2017).

Peserta kegiatan yang digelar mulai 16 hingga 19 Oktober 2017 ini diikuti dari beberapa kabupaten/kota di Kalimantan Tengah. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pemahaman kepada masyarakat tentang cara menulis layaknya jurnalis.

Materi pelatihan jurnalisme rakyat ini juga bertujuan untuk memantau sesuai sarana pendidikan masyarakat dalam melaporkan isu-isu terkait lahan, hutan atau gambut di daerah masing-masing agar bisa berkontribusi di situs pantau gambut.

Nasarumber kegiatan Harry Surjadi menyampaikan bahwa para peserta setelah mengikuti program pelatihan jurnalisme rakyat ini akan bisa memantau dan melaporkan atau memberitakan tentang gambut di daerah masing-masing peserta.

Selain itu, peserta selama mengikuti pelatihan akan diberikan trik bagaimana cara menulis.

"Selama kegiatan empat hari, seluruh peserta akan diberikan cara menjadi jurnalis, memberitahukan bagaimana tata cara dan etik menjadi seorang jurnalis," ungkapnya.

Selama pelatihan berlangsung pemateri menyampaikan tentang cara menulis jurnalis profesional serta juga membeberkan tips dan trik dalam menulis layaknya seorang jurnalis agar hasil dari tulisan dapat dipercaya, hingga nantinya peserta yang diberi nama jurnalis rakyat ini akan memberitakan ataupun menyampaikan khusus pantau gambut dari daerah masing-masing.[triokta]


TAG