• Latest News

    Rabu, 25 Oktober 2017

    Tanggulangi Hoax, Diskominfo Gelar Rakor Teknis


    PALANGKA RAYA - Rapat Koordinasi Teknis bidang Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik se-Kalimantan Tengah digelar Dinas Komunikasi dan Informasi Provinsi Kalimantan Tengah di Aula Bappedalitbang Provinsi Kalimantan Tengah, Kota Palangka Raya, Rabu (25/10/2017).

    Kapolda Kalteng, Brigjen Pol Drs Anang Revandoko melalui Kabid Humas AKBP H Pambudi Rahayu yang diundang menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan ini memaparkan, Rakor ini bertujuan untuk menanggulangi berita hoax dan ujaran kebencian, serta menjelaskan bagaimana cara pihak Polda Kalteng mengungkapnya di media sosial.

    "Kegiatan ini untuk menanggulangi berita hoax atau berita bohong, serta ujaran kebencian yang sering kita lihat di media sosial, seperti yang tadi saya sampaikan. Banyaknya postingan berita bohong, ujaran kebencian, serta fitnah, aksi pornografi yang setiap saat tayang, seperti di youtube, instagram, facebook," terangnya.

    Untuk menanggulangi semacam itu, Polda Kalteng membentuk team cyber troop di wilayah Kalteng dengan anggota sebanyak 60 arang. "Kita sudah membentuk 60 anggota untuk patroli di dunia maya, dan sudah banyak yang kita temukan orang-orang yang sifatnya menebar berita hoax atau berita bohong di medsos. Berkat kerja keras pihak Polda Kalteng dan jajaran, sudah banyak yang kita proses," tambahnya.

    Polda Kalteng juga membentuk Team Cyber Crime untuk mengantisipasi Pemilu yang akan datang, serta mengantisipasi kempanye hitam. "Tadi sudah saya sampaikan kepada Diskominfo jajaran, pihak Polda akan selalu siap, apabila Diskominfo mau bergabung. Kita ada namanya cyber crime, itu guna untuk mengantisipasi kempanye-kempanye terselebung," jelasnya.

    Dia juga berharap kepada lapisan masyarakat yang ada di Kalimantan agar kiranya bisa bijak dalam menggunakan media sosial. "Harapan saya kepada masyakarat, seleksi lah sebelum dishare, jangan asal share, supaya jangan ada berita yang sifatnya ujaran kebencian dan hoax," pungkasnya.[maradona]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Tanggulangi Hoax, Diskominfo Gelar Rakor Teknis Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top