• Latest News

    Rabu, 18 Oktober 2017

    Oktober Bulan Eliminasi Kaki Gajah, Dinkes Bagikan Obat Gratis


    KUALA KAPUAS - Penyakit kaki gajah dapat menyerang semua orang, tidak peduli orang tua, anak-anak, laki-laki maupun perempuan. Seluruh lapisan masyarakat bisa saja terserang penyakit tersebut. Oktober merupakan Bulan Eliminasi Kaki Gajah (Belkaga) bulan yang ditetapkan untuk meminum obat pencegah kaki gajah secara serentak di seluruh daerah endemis di Indonesia.

    "Sesuai Instruksi Kemenkes RI, di bulan Oktober ini Dinkes membagikan secara cuma-cuma obat kaki gajah," tutur Apendi SKM MM, Kepala Dinas Kesehatan Kapuas, Kamis (19/10/2017) di sela kegiatan pemeriksaan IVA yang berlangsung di halaman Kejaksaan Negeri Kapuas.

    Menurutnya, untuk metode pembagian obat pencegahan massal penyakit kaki gajah ini, pihaknya juga dibantu dan bekerjasama dengan lintas sektoral Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas.

    Metode pembagian obat disesuaikan masing-masing pihak, baik Dinkes atau Puskesmas dengan even-even tertentu, dengan mengumpulkan masyarakat dan dibagikan secara gratis. Sedangkan pengawasannya menggunakan tenaga kesehatan, terutama memberdayakan tenaga kontrak yang ada di Dinkes.

    "Tujuannya mencegah dan memutus mata rantai penularan penyakit kaki gajah, khususnya di wilayah Kabupaten Kapuas" pungkas Apendi.

    Saat ini untuk Kabupaten Kapuas sendiri Kecamatan Kapuas Timur dan Kapuas Barat disebut merupakan daerah endemis penyakit kaki gajah.[zulkifli]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Oktober Bulan Eliminasi Kaki Gajah, Dinkes Bagikan Obat Gratis Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top