Mulai 12 Oktober KPU Buka Pendaftaran Pemantau Pilkada 2018

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Terhitung sejak hari ini, Kamis 12 Oktober 2017, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas mulai menerima pendaftaran Lembaga Pemantau Pilkada Serentak 2018.

"Ini sebagai salah satu bentuk upaya turut melibatkan peran serta masyarakat secara langsung dalam pelaksanaan Pilkada 2018," kata Ketua KPU Kapuas melalui Komisioner Divisi Hukum, Budi Prayitno, S.PdI, Kamis (12/10/2017).

Menurutnya, hal tersebut sesuai pedoman teknis tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kapuas, Kalteng Tahun 2018.

Batas Pendaftaran bagi Lembaga Pemantau itu sampai dengan 11 Juni 2018. Dikatakan ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebagai lembaga pemantau.

"Lembaga Pemantau bersifat independen mempunyai sumber dana yang jelas, terdaftar dan memperoleh akreditasi dari KPU Kapuas," ungkap Budi.

Selain itu, menurutnya bagi lembaga  pemantau yang akan didaftarkan juga harus memenuhi beberapa persyaratan administrasi lainnya yang harus dilengkapi.

Selain mengisi formulir pendaftaran, lembaga pemantau juga wajib menyerahkan profil organisasi lembaganya, nama-nama dan jumlah anggota pemantau, alokasi anggota pemantau per wilayah, rencana kegiatan dan daerah yang akan dipantau, data profil pengurus, pas photo, surat pernyataan mengenai sumber dana serta melampirkan juga surat pernyataan independensi dan pengalaman di bidang pemantauan. Bagi lembaga pendaftar dapat langsung ke kantor KPU Kapuas.

Ditambahkannya, Pilkada Serentak 2018 yang jatuh pada 27 Juni nanti untuk Kabupaten Kapuas sendiri terdapat 950 lebih Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebar di 17 Wilayah Kecamatan.

"TPS terbanyak ada di wilayah pasang surut yaitu di Kecamatan Selat, Bataguh dan Mantangai," jelas Budi.

Sebagai pihak penyelenggara, KPU mengharapkan Pelaksanaan Pilkada Kapuas 2018 dapat berjalan transparan, legitimasi dan demokratis.[zulkifli]


TAG