KPU Matangkan Sipol Pendaftaran Parpol Pemilu 2019

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Setelah menggelar sosialisasi Bimtek Pendaftaran dan verifikasi Parpol yang akan mengikuti Pemilu 2019, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas, Rabu (11/10/2017) kembali mengundang Partai Politik yang ada di Kapuas.

Ini dilakukan KPU untuk mematangkan kembali mekanisme dan teknis Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang harus dilalui sebagai syarat pendaftaran Parpol, melalui pertemuan yang digelar di Aula KPU Kapuas untuk dipaparkan kembali tata cara penggunaan aplikasi Sipol.

"Dalam Sipol antara aplikasi penyelenggara (KPU) dan aplikasi Porpol tidak terkoneksi," ungkap Budi Prayitno, Komisioner KPU Kapuas Divisi hukum dalam paparannya ke sejumlah perwakilan Porpol.

"Data yang diupload pihak Parpol data itulah yang akan diupload penyelenggara, dan KPU sendiri tidak bisa merubah satupun data Parpol yang masuk," lanjutnya.

Menurutnya, jika ada ketidaksesuain data  itu sendiri di Parpol, harusnya selalu dikomunikasikan antara DPP dan DPC. Hal itu mungkin saja disebabkan adanya perbaikan.

Sementara itu, dalam pertemuan tersebut perwakilan-perwakilan Parpol memanfaatkan momen pertemuan tersebut untuk menanyakan hal-hal teknis terkait mekanisme Sipol. Dalam Sipol Parpol diharuskan mengisi persyaratan yang tersedia di Sipol, beberapa formulir harus dilengkapi.

"Dengan penggunaan aplikasi Sipol maka akan jelas transparansi pada Partai Politik," tutup Budi.[zulkifli]


TAG