KPU Kapuas Gelar Penyuluhan Pencalonan Pilkada Kapuas 2018

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Guna menghadapi pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, 27 Juni 2018 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas melakukan tahapan penyuluhan pemilihan bupati dan wakil bupati di aula  Hotel Permata Inn, Jalan Tjilik Riwut, Sabtu (14/10/2017)

Kegiatan dibuka langsung Ketua KPU Kapuas, Bardiansyah SE, dan dihadiri perwakilan masing-masing Parpol, Disdukcapil, Kesbanglinmaspol, Ormas, LSM, serta tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Bardiansyah mengatakan, kegiatan ini untuk penyampaian tahapan dan jadwal Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kapuas, agar seluruh elemen masyarakat dan pemangku kepentingan politik di Kabupaten Kapuas bisa mengetahuinya.

"Kepada semua elemen masyarakat dan pemangku kepentingan politik, agar sama-sama menggiring jalannya tahapan," ungkap Bardiansyah.

Sebagai penyelenggara, pihaknya mengharapkan seluruh tahapan Pilkada Kapuas dapat berjalan lancar dan sukses.

Sementara itu, Suprianto Komisoner KPU Divisi Teknis dalam materinya menyampaikan beberapa persyaratan tentang pencalonan bupati dan wakil bupati, di antaranya tidak diperbolehkannya jabatan menurun bagi calon, ketentuan calon Incumbent atau petahana wajib cuti  pada masa kampanye, untuk calon berasal dari anggota DPR dan DPD, PNS/TNI/Polri wajib mengundurkan diri.

Sedangkan bagi calon berasal dari BUMN, BUMD wajib berhenti sejak ditetapkan sebagai calon.

"Persyaratan pencalonan bagi Partai Politik atau gabungan partai politik, yaitu yang memperoleh paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPRD atau 25 persen dari akumulasi perolehan suara sah pada pemilu terakhir," jelas Suprianto.

Namun menurutnya, ketentuan minimal 25 persen tersebut hanya bagi Parpol yang memperoleh kursi di DPRD pada Pemilu terakhir.

Materi seputar Daftar Pemilih tetap juga disampaikan Adiresido AMd, Komisioner KPU Divisi Perencanaan dan Data. Selain penyampaian materi acara juga diisi dengan sesi tanya jawab.[zulkifli].


TAG