KPU Kapuas Gelar Bimtek Verifikasi dan Pendaftaran Parpol Peserta Pemilu 2019

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kapuas menggelar kegiatan penyuluhan dan Bimtek pendaftaran, verifikasi dan penetapan Partai Politik peserta Pemilu 2019 di aula Hotel Permata Inn Jalan Tjilik Riwut Kuala Kapuas, Selasa (3/10/2017).

Dalam kegiatan tersebut hadir perwakilan 20 Partai Politik yang ada di Kabupaten Kapuas, serta Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih). Sementara dalam kegiatan itu menghadirkan Komisioner KPU Kalteng Sepmiwawalma SH sebagai pemateri dan acara dipandu Anggota KPU Kapuas.

"Tujuan dari kegiatan ini, penyampaian  Sistem Informasi Partai Politik (Sipol) yang dilaksanakan Parpol yang akan menjadi Peserta Pemilu 2019," ungkap Budi Prayitno S.PdI, Komisioner KPU Kapuas Divisi Hukum.

Menurutnya, Sipol merupakan mekanisme yang wajib dilalui Partai Politik agar bisa mendaftar untuk ikut Pemilu 2019. Kegiatan ini sebagai salah satu penerapan implementasi Undang-Undang nomor 7 Tahun 2017 serta PKPU nomor 11/2017 sebagai landasan dasar hukum.

Pihaknya mengharapkan kepada Parpol yang akan menjadi peserta Pemilu 2019 agar segera melaksanakan penginputan data Sipol, sebab dasar yang digunakan KPU adalah aplikasi Sipol bukan argumen dari Parpol.

"Apapun yang dilakukan Parpol terkait penginputan agar segera dilengkapi, KPU mutlak beracuan dengan Sipol," pungkas Budi.[zulkifli]


TAG