Bupati Ajak Masyarakat Fungsikan Lahan Tidur

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat bersama dengan para Kepala SOPD Kabupaten Kapuas menghadiri upacara ritual rukun kematian tingkat terakhir (Tiwah) yang dilaksanakan di Kecamatan Timpah, Rabu (4/10/2017). 

Kedatangan Bupati Kapuas dan rombongan disambut dengan upacara adat Dayak potong pantan yang dipimpin oleh tokoh Adat setempat didampingi Camat Timpah Batu Panahan bersama Isteri dan jajarannya serta unsur Tripika Kecamatan, Tokoh Agama, Tokoh masyarakat, para Kepala Desa se Kecamatan Timpah, Demang dan Mantir Adat serta masyarakat Timpah dan sekitarnya.

Upacara Adat Tiwah tersebut dilaksanakan mulai tanggal 20 Agustus 2017 dan berakhir pada pertengahan Oktober 2017 yang dilaksanakan oleh tujuh keluarga almarhum berasal dari Desa di wilayah Kecamatan Timpah dan juga dari desa wilayah Kecamatan Mantangai.

Fakta S Rawan selaku Panitia pada saat itu menyampaikan rasa bangganya karena setiap pelaksanaan upacara keagamaan yang ada di Kabupaten Kapuas khususnya di Kecamatan Timpah, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat selalu menyempatkan diri untuk hadir,”ini merupakan catatan penting dan manis yang menjadikan sebuah dokumen khusus bagi kami selaku masyarakat, dimasa yang akan datang” ungkap Fakta.

Sementara itu Camat Timpah Batu Panahan dalam sambutannya atas nama masyarakat Kecamatan Timpah menyampaikan terima kasih atas kedatangan Bupati Kapuas dan rombongan dalam rangka menghadiri acara Adat Tiwah yang dilaksanakan di Kecamatan Timpah.

Dikesempatan itu juga dia menyampaikan usul dari masyarakat Kecamatan Timpah baik berupa peningkatan infrastruktur jalan jembatan, pertanian, perkebunan, peternakan, perikanan serta penerangan jalan umum (PJU) dan berkomitmen bersama jajaran Pemerintah Kecamatan untuk tetap mendukung dan menyukseskan program Pemerintah.

Sementara itu Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat di awal sambutannya mengatakan bahwa berkunjung ke Timpah seperti pulang ke kampung sendiri, karena masyarakatnya yang begitu ramah-ramah dan penuh dengan kekeluargaan.

Dia juga mengatakan bahwa setiap melakukan kunjungan kerja, dia ingin mendengar dan melihat secara langsung apa yang menjadi permasalahan yang dihadapi masyarakatnya serta berupaya untuk menyelesaikannya permasalahan tersebut dengan memprogramkannya bersama dengan SOPD terkait.

Dikesempatan itu juga dia mengajak masyarakat untuk merobah pola yang selama ini hanya bergantung dengan manambang emas maupun zirkun dengan mengembangkan potensi lahan tidur dengan menanam tanaman sayur, buah-buahan, kebun serta tanaman produktif lainnya, untuk itu dia meminta kepada Dinas Instansi terkait untuk turun ke lapangan menjaring aspirasi masyarakat, melakukan pelayanan  dengan baik dan cepat sesuai dengan kebutuhan dan kondisi daerah setempat, pinta Ben Brahim.

Sebagai bentuk dukungannya atas pelaksanaan upacara adat Tiwah tersebut, Bupati Kapuas Ben Brahim S Bahat dikesempatan itu menyerahkan bantuan uang tunai sebesar lima belas juta rupiah yang diterima langsung oleh Abao selaku perwakilan keluarga yang melaksanakan Upacara Tiwah.[angga]


TAG