Bersama Disdukcapil, Bhayangkari Kapuas Gelar Pembuatan Akta Kelahiran Gratis

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Dalam rangka memperingati hari jadi Ke-65, Bhayangkari Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah melaksanakan kerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kapuas untuk pembuatan Akta Kelahiran secara gratis.

"Pembuatan Akta Kelahiran secara gratis ini juga dilakukan Bhayangkari Kapuas untuk mengisi momen Hari Kesatuan Gerak Bhayangkari (HKGB)," ungkap Ketua Bhayangkari Kapuas, Ike Sachroni Anwar melalui Wakil Ketua Bhayangkari Kapuas, kepada Kabar Kalteng, Senin (9/10/2017) di halaman kantor Disdukcapil Kapuas. 

Bhayangkari Kapuas, lanjutnya, mendapat instruksi dari Bhayangkari Kalimantan Tengah untuk seluruh cabang Bhayangkari yang ada di Kalimantan Tengah agar melaksanakan kegiatan dalam momen HKGB tersebut.

Maka dari itu Bhayangkari Kapuas saat ini melakukan program pembuatan Akta Kelahiran secara gratis dengan mengambil tema Bhayangkari ikut peduli terhadap hak sipil anak Indonesia. "Kami bekerjasama dengan pihak Disdukcapil Kapuas dan Alhamdulillah kegiatan ini disambut baik oleh Kepala Dinas Dukcapil," urainya.

Dengan adanya kegiatan seperti ini, diharapkan bisa membantu masyarakat yang kurang mampu yang tidak bisa mengurus Akta Kelahiran secara langsung. "Dengan cara seperti ini pada akhirnya nanti warga masyarakat kurang mampu atau anggota Polri yang tidak sempat mengurus, secara otomatis akan terbantu dengan program ini," bebernya.

Sementara itu, Dra Ruseni, Kepala Disdukcapil Kapuas sangat mengaprisiasi dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan cabang Bhayangkari Kapuas. Dengan adanya program kegiatan tersebut tentunya lebih mempermudah masyarakat dan anggota Polri untuk menggurus Akta Kelahiran dan Kartu Identitas Anak (KIA) tanpa harus melalui calo atau orang lain.

"Saya harap, dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa datang langsung ke Disdukcapil Kapuas untuk menggurus Akta Kelahiran dan pembuatan KIA. Tujuannya supaya masyarakat lebih paham dan mengerti untuk tata cara menggurus hal tersebut tanpa melalui orang lain atau perantara calo, sebab semuanya gratis," pungkasnya.[angga]


TAG