• Latest News

    Rabu, 20 September 2017

    TPS-3R Hapakat Kereng Humbang Ubah Sampah jadi Produk Bermanfaat


    KASONGAN - Tempat Pengelolaan Sampah Reuse Reduce Recycle (TPS-3R) Hapakat Kereng Humbang mengolah sampah menjadi lebih bermanfaat, dengan menyulapnya menjadi pupuk kompos.

    Tingkat pertumbuhan penduduk di Kasongan, khususnya di Kereng Humbang cukup tinggi, hingga tak bisa dipungkiri volume sampah sampah rumah tangga semakin meningkat.

    Sarman Molilo, Ketua KMS Hapakat Kereng Humbang menyampaikan bahwa TPS3R Hapakat Kereng Humbang sudah berdiri sejak April 2017.

    "Pengelolaan sampah ini kami bangun sejak bulan April kemarin, dan ini kegiatan murni dikelola secara swadaya oleh masyarakat," ujarnya, Rabu (20/9/2017) kepada Kabar Kalteng.

    Kemudian Sarman menerangkan bahwa yang ikut bekerja di dalam pengurusan ada tiga orang, dan karyawan untuk mengolah sampah berjumlah lima orang. Tiga orang karyawan tetap dan dua orang sebagai tenaga harian lepas.

    Lalu lanjutnya untuk sampah diangkut setiap hari oleh petugas. "Sampah yang kami angkut adalah sampah dari pelanggan yang disebut penerima manfaat   dan sampahnya dipilah oleh petugas di TPS," jelasnya.

    "Untuk saat ini masyarakat yang menjadi penerima manfaat sabanyak 135 kepala keluarga," imbuhnya.

    Ia mengakui bahwa pupuk kompos yang diolah dari sampah tersebut sudah banyak yang memanfaatkan, yaitu dari sekitaran Kasongan dan Palangka Raya.

    Sarman menyampaikan bahwa ide awalnya membuat TPS3R ini sebagai bentuk membantu pemerintah daerah dalam mengelola sampah secara terpadu di Katingan. "Dengan hadirnya TPS3R membantu memperpanjang usia TPA (Tempat Pembuangan Akhir), karena sampah yang dibuang di TPA merupakan sampah residu yang tidak dikelola lagi," katanya.

    "Harapan kami semoga pemerintah daerah dapat membantu kami dalam pendanaan operasi dan pemasaran atau jalur penjualan resmi, hingga harga jual produk yang kami hasilkan bisa stabil," harapnya.[triokta]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: TPS-3R Hapakat Kereng Humbang Ubah Sampah jadi Produk Bermanfaat Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top