Respon Hotspot Makin Marak, Satgas Gelar Posko Lapangan

Print Friendly and PDF


PALANGKA RAYA - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kalimantan Tengah (Kalteng) lebih banyak terjadi karena ulah manusia, baik unsur kelalaian maupun kesengajaan, sehingga tindakan pencegahan tetap diutamakan.

Menyangkut hal tersebut malaksanakan kegiatan koordinasi Satgas Dalkarhutla Kalteng dengan Danrem 102/Pjg selaku Dansatgas Dalkarhutla Kalteng pada hari Jumat, 15 September 2017 sekitar jam 15.00 WIB yang mengambil tempat di Makorem 102/Pjg.

Ir Darliansyah Plt Kalaksa BPBPK Kalteng, menerangkan daerah Sebangau Kuala sudah 5 hari terjadi fire-spot yang tidak padam-padam, dengan luasan sempat mencapai 40 Ha lebih, sehingga harus menjadi pokok perhatian.

Tim darat Kalteng dan Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) siap membentuk Posko Lapangan di dekat sasaran terjadinya karhutla juga Daops MA sudah aktif di lapangan bersama TNI & Polri, tp Posko Satgas di daerah masih ada yang belum maksimal dalam kesiapannya.

Dandem 102/Pjg Kol Arm M. Naudi Nurdika, mengucapan terima kasih karena Satgas Dalkarhutla Kalteng bisa aktif dan kompak dalam setiap misi. Dukung untuk segera bentuk Posko Lapangan di Sebangau Kuala, Pulpis.

Di daerah lain, ada kebijakan yang memperbolehkan membakar lahan untuk persiapan musim tanam, di Kalteng jangan sampai terjadi, karena bencana kebakaran dan asap akan banyak mengganggu sendi-sendi kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

Tetap galakkan sosialisasi, kampanye dan patroli guna mencegah terjadinya karhutla. Mari kita realisasikan Kalteng bebas asap, Dansatgas akan mengikuti giat patroli udara rutin dan melaksanakan pengecekan di Posko-Posko di daerah.[rilis/kenedy]


TAG