Pelaksanaan DAK Disesuaikan dengan Dapodik

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS - Pembangunan infrastrukur sekolah baik itu pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) maupun untuk rehabilitasi bangunan sekolah dari Dana Alokasi Khusus (DAK)  pendidikan bidang Sekolah Dasar (SD)  harus sesuai dengan kebutuhan dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang memuat data tentang sarana, jumlah siswa, dan jumlah ruang kelas.

"DAK pendidikan bidang SD yang sedang kita laksanakan saat ini mengacu kesesuaian peruntukannya dengan Dapodik, di samping proposal pihak sekolah," kata M Hassan SPd MA, Kabid Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kabupaten Kapuas, Rabu (20/9/2017).

Didampingi Pejabat Pembuat Tekhnis Kegiatan DAK pendidikan bidang SD, Hassan menjelaskan pada tahun 2017 ini dari Kementerian Pendidikan pihaknya  dialokasikan sebesar Rp4.571.400.000. DAK pendidikan bidang SD dan diperuntukan bagi 23 SD yang tersebar di beberapa wilayah kecamatan, baik itu peruntukannya pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) maupun rehabilitasi bangunan sekolah.

"Secara umum progres kemajuan sudah 40 persen dan untuk renovasi banyak masuk kategori rehab berat," timpal Ardian PPTK DAK bidang SD yang mendampingi Kabidnya.

Hassan juga menambahkan DAK dilaksanakan dengan sistem swakelola yang mana metode pelaksanaannya mengacu dengan Petunjuk Teknis (Juknis) yang sudah ditetapkan dari Kemendiknas.

"Sesuai Juknis Pertengahan Nopember 2017 seluruh kegiatan DAK sudah harus selesai," pungkas Hassan.[zulkifli]


TAG