• Latest News

    Jumat, 15 September 2017

    Kerja Tidak Pakai APD, Pekerja Lokal Dituding Bandel


    BUNTOK - Pekerja lepas di proyek pembuatan Hexapod dan Krib di Desa Kalahien, Kecamatan Dusun Selatan, Kabupaten Barito Selatan, tampak tidak menggunakan Alat Pelindung Diri (APD). Hal ini menurut pihak perusahaan, karena memang pekerjanya yang membandel.

    Sesuai dengan Peraturan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor : Per.08/Men/VII/2010 tentang APD, sudah seharusnya para pekerja proyek baik yang menggunakan mesin, perkakas dan segala macam jenis pekerjaam yang mengandung risiko kecelakaan kerja, wajib menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

    Namun tidak dengan halnya yang terjadi di pekerjaan proyek pembuatan Hexapod dan Krib, di Desa Kalahien. Para pekerjanya dibiarkan bekerja meskipun tanpa APD, padahal pekerjaan yang mereka hadapi, mengandung resiko kecelakaan kerja yang cukup tinggi.

    Seperti hasil pantauan Kabar Kalteng, Kamis (7/9/2017), tampak para pekerja lepas di proyek yang anggarannya bersumber dari APBN tahun anggaran 2017 tersebut, tidak menggunakan APD.

    Menanggapi hal tersebut, General Superintendent PT Restu Mulia Cipta Mandiri (RMCM), Jerry selaku yang bertanggung jawab langsung terhadap persoalan di lapangan kerja proyek tersebut, mengakui bahwa pihaknya sudah memenuhi kewajiban menyediakan APD.

    "Kami (perusahaan) sudah bagikan APD kepada semua pekerja yang ada, tapi yang bertanggung jawab pengawasan kan bukan saya, itu urusan sub kontraktor selaku pengawas lapangan," kilahnya.

    Menjawab pernyataan Jerry, Hasanusi selaku sub kontraktor proyek, mengaku tidak bisa berbuat banyak terkait penggunaan APD. Sebab menurut Hasanusi melanjutkan, selain pekerja selalu berganti, para pekerja yang juga seluruhnya warga lokal yakni berasal dari desa Kalahien dan sekitarnya tersebut, seringkali membandel terkait penggunaan APD.

    "Bandel-bandel mas, maklum orang sekitar sini (Kalahien) semua pekerja kita. Saya meskipun yang bertanggung jawab di pengawasan, namun dengan status pendatang tidak bisa berbuat banyak, padahal setiap hari sudah kita peringatkan terkait APD, namun memang tidak mau dipakai oleh mereka," tudingnya.[tampetu]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Kerja Tidak Pakai APD, Pekerja Lokal Dituding Bandel Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top