E-KTP jadi Syarat Ikut Nyoblos Pilkada

Print Friendly and PDF


KASONGAN - Dalam persiapan menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bupati-Wakil Bupati 2018 Kabupaten Katingan, KPU katingan sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Katingan.

Ketua KPU Katingan, Sapta Tjita, Senin (18/9/2017) mengatakan, E-KTP atau surat keterangan yang dikeluarkan dari Disdukcapil merupakan salah satu syarat untuk ikut serta dalam pemilihan.

Sapta menuturkan Disdukcapil sudah bergerak ke kecamatan-kecamatan. "Mereka Disdukcapil sendiri melakukan sistem jemput bola ke kecamatan yang ada di Kabupaten Katingan untuk melakuan perekaman E-KTP dan mungkin mereka langsung menuju desa-desa," paparnya.

Di Kabupaten Katingan dikabarkan kurang lebih sebanyak 29 ribu warga belum melakukan perekaman E-KTP. "Oleh sebab itulah kita melakukan koordinasi dengan Disdukcapil untuk melakukan sistem jemput bola dalam perekaman E-KTP," ujarnya.

KPU tidak ingin menghilangkan hak pilih masyarakat, mengingat suara masyarakat adalah mahkota. Akan tetapi tetap ada peraturan. Karenanya, masyarakat diajak berpartisapasi.

"Seperti yang kita ketahui bahwa peraturan menyatakan bahwa peraturan dari kepala desa tidak bisa digunakan lagi. Namun bagi masyarakat yang tidak mempunyai E-KTP tetap bisa memilih yaitu masuk dalam A.C.1 KWK yang merupakan rekapitulasi daftar pemilih potensial non-KTP Elektronik desa," terangnya.

"Namun di sini kita harapkan agar peran dari media cetak ataupun elektronik bisa mengimbau pada masyarakat untuk kepada bisa sesegara mungkin melakukan perekaman E-KTP," pintanya.[triokta]


TAG