Ben Hadiri Opening Ceremony Pesparawi Lamandau

Print Friendly and PDF


KUALA KAPUAS – Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) Ke 16 Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah resmi digelar. Kegiatan itu dihadiri oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT didampingi oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kapuas Ny Ary Egahni Ben Bahat SH.

Acara yang digelar setiap tiga tahun sekali tersebut dibuka langsung oleh Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran yang ditandai dengan penekanan Tuts Piano, Sabtu (17/9) malam di Stadion Hinang Goloa, Nanga Bulik, Kabupaten Lamandau.

Rangkaian pembukaan berlangsung dengan meriah yang sebelumnya disertai dengan ibadah bersama, defile dan beragam penampilan tari kolosal yang dibina langsung dari koreografer terkenal ibukota Ari Tulang. Dimeriahkan pula dengan artis ibukota lainnya Jhon Pantau, Gracia Indri, Rio Febrian  dan Lea Simanjuntak serta Armada Band yang akan diundang dalam penutupan kegiatan nantinya.

Adapun tema yang diangkat dalam Kegiatan Pesparawi Ke 16 ini adalah,”Aku Hendak Menyanyi Bagi Tuhan Selama Hidupku, Aku Hendak Bermazmur Bagi Allahku Selagi Aku Ada (Mazmur 104:33)”. Dengan Subtema,”Melalui Pesparawi Ke XVI Kita Tingkatkan Keimanan Kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Kita Bangun Toleransi Antar Umat Beragama Menuju Kalteng Berkah”.

Menurut laporan dari Bupati Lamandau Ir Marukan MAP yang juga selaku Ketua Umum Panitia Penyelenggara mengatakan kegiatan Pesparawi Tingkat Provinsi Kalteng diikuti oleh 13 Kontingen Kabupaten dan satu kota, dengan jumlah secara keseluruhan peserta yaitu 3.142 orang.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan yaitu diantaranya untuk mengembangkan mutu kreatifitas seni dan budaya yang hidup dalam tata ibadah Umat Kristiani sekaligus memelihara dan melestarikan budaya daerah sebagai bagian dari budaya bangsa.

Kemudian, meningkatkan keharmonisan kerukunan, toleransi antar umat beragama di Kalimantan Tengah yang merupakan sarana untuk memupuk rasa kebersamaan dan persaudaran antar umat Kristen yang ada di Kalimantan Tengah sekaligus salah satunya upaya mewujudkan sasaran pembangunan bidang keagamaan. “Serta merupakan langkah awal mempersiapkan kontingen Provinsi Kalimantan Tengah untuk mengikuti Pesparawi Nasional Ke 12 Tahun 2018 di Pontianak Kalimantan Barat,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur Kalteng dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan Pesparawi tersebut merupakan bagian dari kegiatan yang dapat menyemarakan kehidupan beragama sekaligus sebagai media untuk mempererat dan memperkokoh kerukunan umat Kristiani antar umat beragama, umat beragama dengan pemerintah. “Karena kegiatan ini ditetapkan secara berjenjang mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, Nasional dan semuanya tanggung jawab antara pemerintah dan masyarakat,” ucapnya.

Kemudian, lanjut dia, kegiatan itu merupakan bagian kegiatan pembinaan kerohanian yang nanti dapat diwujudkan dalam sikap dan tingkah laku individu sehingga mampu menjadi pribadi yang lebih baik dan mendorong Umat Kristiani untuk mengembangkan kemampuan dalam bidang seni dan budaya yang ada dalam kehidupan masyarakat khususnya Provinsi Kalimantan Tengah.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah Kalimantan Tengah menyambut baik dan mengapresiasi diselenggarakannya kegiatan ini yang dilaksanakan secara berjenjang dan konsisten setiap tiga tahun sekali secara bergantian,”ucapnya.

Diakhir sambutannya, ia selaku Gubernur menyampaikan bagi yang juara nantinya direncanakan akan diberangkatkan untuk mengikuti perjalanan rohani ke Yerusalem sebanyak 50 orang. Kemudian, ia berpesan kepada semua masyarakat untuk menjaga kebersamaan, persatuan dan persaudaraan demi Kalimantan Tengah.[angga]


TAG