• Latest News

    Sabtu, 30 September 2017

    Amalkan Nilai Luhur Pancasila, Pemkab Gelar Upacara Bendera


    PULANG PISAU - Memperingati hari lahir Pancasila, jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pulang Pisau (Pulpis) menggelar upacara bendera di halaman Pemkab Jalan Oberlin Metar Kecamatan Kahayan Hilir. Ini sebagai upaya meneguhkan komitmen, agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

    Bupati Pulpis, Edy Pratowo selaku inspektur upacara mengatakan, Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan dimulai dengan rumusan Pancasila, 1 Juni 1945 yang dinyatakan Ir Sukarno, Piagam Jakarta 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila 18 Agustus 1945.

    "Jiwa besar para founding fathers, ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara, hingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan," ucapnya, Senin (5/6/2017).

    Yang harus diingat kodrat bangsa Indonesia adalah keberagaman. Di mana dari Sabang sampai Merauke, Miangas sampai Rote terdapat berbagai etnis, bahasa, adat istiadat, agama, kepercayaan dan golongan bersatu padu membentuk Indonesia.

    "Meski kehidupan berbangsa dan bernegara kita saat ini sedang diuji, serta ada pandangan ataupun tindakan yang mengancam kebhinekaan dan keikaan kita. Di mana saat ini tidak adanya sikap toleran yang mengusung ideologi selain Pancasila, yang membuat masalah ini​ semakin mencemaskan yang diperparah oleh penyalah guna media sosial yang banyak mengaungkan hoax alias kabar bohong," bebernya.

    Karena itu, Bupati mengingatkan kepada seluruh masyarakat Pulpis, Dengan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, bisa terhindar  dari berbagai macam masalah.

    "Kita bisa menghindarinya dengan hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri, membangun dunia yang damai, adil dan makmur," imbuh Edy.

    Oleh karena itu Bupati mengajak peran aktif para ulama, ustadz, pendeta, pastor, bhiksu, pedanda, tokoh masyarakat, pendidik, pelaku seni dan budaya, pelaku media, jajaran birokrasi, TNI dan Polri serta seluruh komponen masyarakat untuk menjaga Pancasila.

    "Pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus ditingkatkan. Di mana ceramah keagamaan, materi pendidikan, fokus pemberitaan dan perdebatan di sosial media harus menjadi bagian dalam pendalaman dan pengamalan nilai-nilai Pancasila," katanya.

    Agar menggapai cita cita bangsa sesuai Pancasila, dengan saling bahu membahu, serta menyatukan hati, pikiran dan tenaga anak bangsa untuk persatuan dan persaudaraan, harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran, hingga menjadikan Indonesia yang adil, makmur dan bermartabat di mata internasional.

    Namun demikian, ia meminta masyarakat agar tetap waspada terhadap segala bentuk pemahaman dan gerakan yang tidak sejalan dengan Pancasila.

    "Pemerintah pasti akan bertindak tegas terhadap organisasi dengan gerakan anti Pancasila, anti NKRI, anti Bhinneka Tunggal Ika, yang jelas sudah dilarang di bumi Indonesia," pungkasnya.[tim/rilis]


    • Komentar
    • Facebook Komentar

    0 komentar:

    Posting Komentar

    Item Reviewed: Amalkan Nilai Luhur Pancasila, Pemkab Gelar Upacara Bendera Rating: 5 Reviewed By: Kabar Kalteng
    Scroll to Top